Mengetahui Apa Saja Terkait Perkembangan Anak Usia 1-2 Tahun

Mengetahui Apa Saja Terkait Perkembangan Anak Usia 1-2 Tahun

December 30, 2020 Off By admin

Menemani dan melihat berbagai bagian tumbuh kembang seorang anak memang menjadi suatu hal wajib bagi para orang tua. Bisa dikatakan tidak mengejutkan bila baik ibu atau bapak tetap bersabar dengan memberikan berbagai bekal untuk masa depannya. Usia cukup penting dalam pertumbuhan anak adalah berada pada satu hingga dua tahun awal. Untuk itulah perkembangan anak usia 1-2 tahun mendapat perhatian jauh lebih besar dibanding lainnya.

Sebagai informasi saja, sejatinya untuk para orang tua harus mengetahui apa saja dasar sebagai tanda bahwa kesehatan anak terjamin. Secara waktu ke waktu, pertumbuhan anak memiliki batas tersendiri sehingga tidak bisa dipungkiri lagi akan pentingnya memastikan bagian tersebut. Sebagai orang tua, pastikan mengetahui berbagai jenis informasi penting seputar perkembangan ini demi kesehatan buah hati nantinya.

Macam Jenis Perkembangan Anak Hingga Usia 1–2 Tahun

Sejatinya banyak orang tua memang masih sekedar mengetahui bahwa pertumbuhan anak berdasarkan dari fisik luar saja. Bahwa sebenarnya aspek pendukung maupun utama ada cukup banyak, terutama melihat pada kemampuan anak untuk beradaptasi serta mengembangkan kecerdasan setiap bagian dirinya. Mengenai hal ini, pembahasan terkait aspek dalam diri anak menjadi hal penting dan tidak bisa dipisahkan.

Melihat hal seputar perkembangan anak, maka berikut yang wajib sudah didapatkan ketika sudah memasuki usia satu hingga dua tahun :

  1. Kemampuan gerak

Dalam tubuh anak, memastikan bahwa kemampuan gerak seperti lari, berjalan, dll. harus bisa terkordinasi dengan otak sebaik mungkin. Selain itu, mungkin saja kemampuan sejenis menggenggam tangan atau benda serta menjaga keseimbangan berasal dari satu hal ini. Pada saat sudah berada di umur satu hingga dua tahun, memang dijelaskan bahwa anak harus sudah bisa beberapa kegiatan dasar tersebut.

  1. Mengolah emosi

Emosi merupakan luapan suatu ekspresi ketika sedang berada dalam suatu kondisi, pada anak ini juga berlaku bersamaan dukungan dari orang tua. Contoh paling jelas saja yaitu kemampuan untuk meniru dan memperagakan orang lain secara bertahap agar bisa belajar sesuatu. Apalagi, ketika diumur ini anak sudah mulai belajar berinteraksi dan perlahan mengingat wajah orang dengan baik biasanya.

  1. Segi berfikir

Seperti sudah disinggung yaitu kemampuan berfikir dan mengingat, tentu saja ini berdampingan pada sisi keinginan terkait bicara. Pada umur inilah sebagai orang tua melatih anak untuk berfikir dan melancarkan cara berkomunikasi melalui banyaknya kosa kata dipelajari. Fase ini sangat berguna demi membantu agar nantinya pembelajaran usia selanjutnya bisa dilakukan lebih mudah.

Berkaitan dengan beberapa hal di atas, memang perkembangan anak usia 1-2 tahun merupakan sisi terpenting bagi siapa saja. Melihat juga seberapa besar dampak orang tua, tentu tidak bisa disepelekan demi membantu anak semakin cepat untuk belajar hal disekitarnya. Selain itu, berikan selalu pembelajaran positif untuk membantu membentuk karakter dari anak.