Bingung Memilih Susu Ibu Menyusui yang Bagus Untuk Bayi Anda?

Bingung Memilih Susu Ibu Menyusui yang Bagus Untuk Bayi Anda?

December 22, 2020 Off By admin

Selama proses menyusui, tidak hanya bayi yang membutuhkan nutrisi. Bunda juga perlu memuaskan tubuhnya dengan diet seimbang. Hal ini penting agar bayi Anda nantinya mendapatkan asupan gizi dari ASI. Salah satu caranya adalah dengan meminum ASI khusus ibu menyusui secara rutin.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips memilih susu ibu menyusui yang bagus untuk bayi. Dapatkan juga beberapa tip untuk merek menyusui.

Selama proses menyusui, ibu memberi bayi nutrisi melalui ASI. ASI dihasilkan dari hormon prolaktin. Cara kerja hormon ini adalah dengan mendorong alveoli atau “kantung kecil” untuk menarik lemak, protein dan gula dari darah ibu. Jika kebutuhan nutrisi tersebut tidak tercukupi, hal ini jelas akan berpengaruh pada produksi ASI dan stamina tubuh ibu.

Sangat penting bagi ibu menyusui untuk memperhatikan asupan makanannya. Namun, Anda mungkin tidak tahu persis berapa banyak nutrisi dalam makanan yang Anda makan setiap hari. Itu sebabnya ibu menyusui perlu memperbanyaknya dengan minum ASI khusus. Susu ini diproduksi dengan memperhatikan kandungan nutrisi yang dibutuhkan ibu menyusui dan bayi, seperti protein, lemak, kalsium, zat besi dan asam folat.

Konsumsi susu khusus ibu menyusui secara teratur tidak hanya akan melancarkan ASI, tetapi kebutuhan gizi tubuh Anda juga akan terpenuhi. Bayi menjadi sehat karena mendapatkan ASI yang berkualitas sehingga tetap sehat karena nutrisi tubuh tetap terjaga.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih ASI. Mohon diperhatikan agar anda mendapatkan produk terbaik sesuai kebutuhan anda.

 

Pilih berdasarkan jenis susu

 

Secara umum ASI memiliki dua jenis, yaitu susu sapi dan susu protein nabati. Susu protein nabati yang direkomendasikan adalah susu kedelai dan susu almond. Jika Anda tidak menyukai rasa susu sapi atau memiliki intoleransi laktosa, pilih susu kedelai atau susu almond.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu memperhatikan alergi pada anak. Jika muncul ruam atau bayi Anda menangis setiap kali Anda memberinya makan, mungkin dia alergi terhadap protein yang dikonsumsi ibunya. Untuk amannya, pilih susu kedelai, susu almond, atau varian susu nabati lainnya. Namun, jika Anda dan bayi Anda tidak menunjukkan gejala alergi, konsumsilah susu sapi. Biasanya ada banyak variasi susu sapi dan Anda dapat memilih rasa yang paling sesuai untuk Anda.

 

Lihat kandungan nutrisi di dalamnya

 

Anda sangat menginginkan susu yang dapat menyehatkan tidak hanya untuk diri Anda sendiri, tetapi juga untuk bayi. Oleh karena itu, sebelum membeli pastikan untuk selalu mengecek kandungan gizi yang tertera pada kemasan susu.

 

Protein tinggi, memberi energi pada ibu menyusui

 

Menyusui merupakan aktivitas yang membutuhkan energi. Tak mau kalah, Anda juga perlu merawat buah hati dan melakukan aktivitas lainnya. Untuk itu, carilah ASI yang tinggi protein. Protein tidak hanya dapat menyuplai energi untuk ibu menyusui, tetapi juga dapat mempercepat produksi ASI. Oleh karena itu, kebutuhan ASI bayi Anda akan selalu terpenuhi.

 

Rendah lemak, raih tubuh langsing lebih cepat

 

Menurunkan berat badan dengan cepat setelah melahirkan hampir selalu diinginkan oleh semua ibu. Namun, jangan biarkan diri Anda mengurangi porsi makan Anda agar bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Selama proses menyusui, biasanya Anda akan cepat lapar dan perlu makan banyak untuk meningkatkan suplai ASI Anda. Jadi, solusinya cari ASI rendah lemak. Ini adalah metode diet paling aman untuk ibu menyusui.

 

Tinggi kalsium, cegah tulang keropos pada ibu

 

Kebutuhan kalsium untuk ibu menyusui jauh lebih tinggi dibandingkan wanita normal, yaitu hingga 1000 mg per hari. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi maka kalsium dalam tubuh ibu akan diambil, kemudian dikeluarkan dengan ASI. Inilah mengapa ibu menyusui lebih rentan terkena osteoporosis.

 

Memang untuk memilih yang terbaik untuk si buah hati tentu tidak boleh sembarangan, untuk lebih jelas dan detail sialhkan ke Orami Magazine untuk melihat referensi artikel parenting lainnya.