5 Kegiatan Pola Konsumsi Anak Yang Menunjang Kesehatannya

5 Kegiatan Pola Konsumsi Anak Yang Menunjang Kesehatannya

February 10, 2021 Off By admin

Dalam masa tumbuh kembang anak, lingkungan tempat anak tumbuh dan berkembang menjadi penentu dalam setiap pola hidup anak. Baik pola hidup terkait konsumsi harian anak hingga pola hidup terkait kesehatan anak. Mengingat hal tersebut, peran orang tua cukup penting untuk memberikan panduan pola hidup harian yang mendukung kepada anak selama tumbuh kembang mereka. Sebab itu, diperlukan rasa kepedulian orang tua yang cukup besar dalam memberikan contoh yang baik pada anak untuk menjadi pola hidup mereka.

Kegiatan konsumsi berkaitan dengan kesehatan pada anak. Dimana beragam jenis makanan yang dikonsumsi oleh anak akan berimbas pada kesehatan anak dalam menghadapi kegiatan harian mereka. Konsumsi makanan yang menyehatkan dan bergizi sesuai saran ahli kesehatan menjadi peran penting dalam menunjang kesehatan anak. Jika anak diajarkan pola konsumsi yang buruk sejak dini maka anak akan mudah terserang penyakit sejak dini yang akan berpengaruh terhadap masa depan anak.

Pola konsumsi yang baik untuk anak adalah tepat sasaran dan sesuai dengan kondisi anak saat itu. Pemberian nutrisi yang tepat sasaran akan menjadi berbahaya untuk kesehatan anak. Jadi, pola konsumsi seperti apa yang akan menunjang kesehatan dan gizi anak usia dini ?

  1. Menyediakan sayur, buah, lauk dan olahan karbohidrat dalam menu harian anak.

Ragam makanan diatas merupakan jenis makanan yang menunjang kesehatan dan gizi anak usia dini. Makanan tersebut akan mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh untuk metabolisme, aktivitas dan berpikir. Ketika mengonsumsi makanan ada baiknya tidak memaksakan porsi makan dan kehendak makan kepada anak.

  1. Memberikan porsi makan yang sesuai

Slogan Isi Piringku dapat mendukung kesehatan dan gizi anak usia dini. Dimana konsumsi 1/3 karbohidrat, 1/3 lemak dan 1/3 protein dalam menu makanan anak akan menunjang tumbuh kembang anak dan sesuai kebutuhan harian anak.

  1. Mencuci tangan sebelum makan

Biasakan melakukan kegiatan cuci tangan sebelum makan kepada anak untuk menghindari masuknya penyakit pencernaan melalui tangan anak. Ketika kebiasaan ini dilakukan maka kesehatan anak akan terjamin dari bakteri yang menyerang sistem pencernaan anak.

  1. Tidak memberikan banyak minum saat makan berlangsung

Konsumsi banyak air pada saat makan akan cepat mengenyangkan anak. Hal in mengakibatkan porsi makan anak menjadi kecil ketika makan. Sehingga kebutuhan nutrisi harian yang masuk tidak sepadan dengan energi yang keluar dan menyebabkan sakit.

  1. Memberikan camilan sehat dan susu kepada anak

Membiasakan memberikan cemilan berupa potongan buah atau produk olahan buah akan menunjang kesehatan anak. Hal ini dikarenakan buah mengandung vitamin, mineral dan serat yang baik untuk tubuh. Pemberian susu juga menunjang kesehatan anak karena mengandung prebiotic dan juga ragam vitamin.